Tuesday, August 16, 2011

Dirgahayu Indonesiaku!

MERDEKA!!
I dedicate this post special to my Indonesia. Perayaan 17-an tahun ini emang sedikit beda gara-gara barengan sama puasa. Tapi gue harap itu nggak mengurangi semangat kita buat menghormati negeri ini. Sesuai tradisi, banyak lomba yang diadakan kampung-kampung demi menyambut momen ini, bahkan sebelum puasa lomba sudah banyak digelar. Tapi gue heran, di antara lomba-lomba yang diadakan RT-RT di seluruh Indonesia saat ini, kenapa nggak ada yang ngadain lomba adzan Maghrib yak? Itung-itung bikin seneng orang yang lagi puasa gitu.. #woii!

Ehm. Ternyata sudah 66 tahun negara ini merdeka dan lepas dari belenggu penjajah. Eh, wait, merdeka? Hmm, kok perasaan gue agak-agak gak enak gitu ya pas ngetik kata itu? Mungkin secara kontekstual kita emang udah merdeka, tapi faktanya belom. Masih banyak yang perlu dibenahi di sana-sini. Timeline gue tadi malem cukup rame gara-gara hesktek #AreYouAProudIndonesian, dan gue ngakak baca beberapa tweet yang masuk. Ada yang nulis gini :

#AreYouAProudIndonesian ? I am! walaupun ketua dpr dan org2 yg menjalankan pemerintahan kita itu konyolnya setengah mati..
Kadang. Kalo lg ada pertandingan bola aja bangganya ☺ #AreYouAProudIndonesian

Biar pun pemerintah di negara ini ngehe luar biasa tp sy tetep bangga jd anak Indonesia #AreYouAProudIndonesian 

Gue agak bingung mau ngasi reaksi gimana atas jawaban-jawaban itu. Tweet mereka emang ada benernya juga. 'Orang-orang atas' kadang suka lucu dalam menjalankan amanahnya. Gue gak mau nyebut siapa orangnya, bukan karena gue nggak tau, tapi karena gue nggak mau ngritik orang lain kalo diri gue sendiri masih belom bener. Dulu pas masih SMA guru agama gue sering bilang, "jangan jadi lilin yang suka menerangi sekitar tapi dirinya sendiri terbakar". Maksudnya kurang lebih gini, kita nggak boleh ngasi nasehat kalo kita sendiri belom bisa ngelaksanainnya.

Yang harus gue lakukan adalah memperbaiki diri sendiri dulu. Kalo mau nyabut pohon kan harus dari akarnya dulu. Sama kayak Indonesia. Kalo pengen berubah lebih baik, perbaiki dari hal yang kecil dulu, dari diri sendiri.

Baca kalimat di atas kok jadi aneh ya? Kayak bukan gue yang nulis. Hahaha. Yaah tapi gak papa lah, hari ini gue mau jadi rakyat yang baik. Kan gue ngomong kayak tadi cuma setaun sekali doang :D. Gue harap negara ini bisa jadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Indonesia should learn more and more to step one level up. Banyak-banyakin berdoa buat negara ini yah, kan doanya orang puasa sering dikabulin sama Allah, apalagi kalo gue dzolimi kalian dulu. Hahaha.


Sekali lagi, MERDEKA ENDONESAHH!!
DATANGKAN HYUN BIN KE RUMAH SAYA!! DATANGKAN!!

No comments: