Wednesday, March 21, 2012

Ketika Tomcat Muncul di Kampus

Baru-baru ini topik yang dibahas di media agak random. Mulai dari pernyataan haram nonton konser Lady Gaga sampai beritanya Dahlan Iskan ramai diperbincangkan di beberapa situs portal berita dan televisi. Jujur gue gak begitu tertarik sama berita yang berbau-bau politik kayak Jokowi itu. Tapi karena tuntutan pergaulan yang begitu besar akhirnya gue memutuskan untuk tetep ngikutin beritanya.

Gue sempet kaget pas beberapa hari yang lalu temen-temen gue ngomongin Tomcat. Siapakah Tomcat itu? Artis? Atau judul film yang mau tayang? Gue (waktu itu) belum ngerti, sampai akhirnya gue baca beberapa berita tentang Tomcat di detikcom dan portal berita yang lain.

Tomcat membentuk boyband
Dari yang gue baca, sebenernya nama serangga ini adalah kumbang rove (Paederus littorarius). Gue dan temen-temen gak tahu kenapa orang-orang nyebutnya tomcat. Nah, tomcat adalah sejenis serangga yang bisa ngeluarin racun dan menyebabkan dermatitis kontak atau semacam iritasi kulit. Iritasi ini disebabkan karena racun paederin (C25 H45O9N) di seluruh badannya, kecuali sayap. Kulit yang bersentuhan dengan serangga itu biasanya dalam waktu singkat akan terasa panas, dan setelah 24-48 jam akan muncul gelembung pada kulit dengan sekitar berwarna merah menyerupai lesi akibat terkena air panas atau luka bakar. Dia akan mengangkat badannya seperti kalajengking saat mengeluarkan racun.

Gak kuat liat gambarnya >__<
Dan ternyata sodara-sodara, tomcat sudah masuk ke wilayah kampus gueeee! Aaaargh.. *panik*. Gue dan temen-temen jadi parno sendiri pas di kampus. Pernah suatu ketika temen gue mau pipis dan niat itu dia urungkan gara-gara ketemu tomcat di dinding toilet. Jadilah temen gue yang malang itu nahan pipis sampe jam pulang. Gue yang mau nge-dorr dari belakang jadi gak tega, takut pertahanannya jebol di tengah jalan. Temen lain fakultas juga cerita kalo dia takut ngambil uang di ATM gara-gara banyak tomcat di lantainya. Temen gue juga ada yang pernah kena gigit dan sampai sekarang dia masih belum sembuh. :|

Sebagai anak kos, gue sangat was-was sama hewan ini. Kenapa? Karena eh karena, tomcat sudah menginvasi kos-kosan gue. Tiap jalan gue selalu liat bawah terlebih dulu, takut kalo ada tomcat yang keinjek. Yang biasanya beresin kasur tiap bangun tidur sekarang harus beresin kasur sebelum tidur juga, sekedar memastikan kalo kasur gue gak ternoda sama tomcat. Gue tambah was-was karena beredar rumor yang mengatakan kalo tomcat juga suka nempel di jemuran. Terus baju gue mau dijemur dimana cobaaak?

Duh. Gini banget ya nasib gue. *nangis di bawah meja*

Ehem. Tapi gue gak takut karena gue juga nemu banyak tips mengatasi "artis" satu ini, salah satunya kayak yang gue kutip dari Kemenkes berikut.
1. Jika menemukan serangga ini sebaiknya jangan dipencet agar racun tidak mengenai kulit dan sebaiknya masukkan ke plastik dengan hati-hati lalu buang ke tempat yang aman.
2. Hindari kontak dengan kumbang ini pada kulit terbuka.
3. Usahakan pintu tertutup dan bila ada jendela diberi kasa nyamuk untuk mencegah kumbang masuk.
4. Sebaiknya tidur menggunakan kelambu jika daerah sedang banyak serangga jenis ini.
5. Bila serangga banyak lampu sebaiknya diberi jaring pelindung agar kumbang tak jatuh ke manusia.
6. Jangan menggosok kulit dan atau mata bila kumbang ini terkena kulit.
7. Bila kumbang ini berada di kulit segera singkirkan dengan hati-hati, dengan meniup atau mengunakan kertas untuk mengambil kumbang dengan hati-hati.
8. Lakukan inspeksi ke dinding dan langit-langit dekat lampu sebelum tidur, bila menemui kumbang itu segera matikan dengan menyemprotkan racun serangga kemudian singkirkan tanpa menyentuhnya.
9. Segera bersihkan kulit yang bersentuhan dengan serangga dengan air mengalir dan sabun.
10. Bersihkan lingkungan rumah, terutama tanaman yang tidak terawat yang ada di sekitar rumah yang bisa menjadi tempat kumbang Paederus.
11. Kompres kulit dengan cairan antiseptik dingin, bila sudah timbul lesi seperti luka bakar.
12. Bila gangguan masih berlanjut, segera pergi ke puskesmas atau tempat pelayanan kesehatan lain

Tips terakhir dari gue, jangan lupa berdoa sebelum melakukan sesuatu. Serius. Gak ada salahnya kita doa dan minta perlindungan sama Allah supaya dijauhkan. Buat yang udah kena, berdoalah biar segera disembuhkan. Semoga tomcat segera sadar diri dan kembali ke habitatnya. *pray*

No comments: