Thursday, July 14, 2011

Tips Makan Keripik Maicih

Ada yang belum tau keripik Maicih? Mungkin buat orang Bandung dan sekitarnya, keripik yang satu ini udah nggak asing lagi, tapi buat orang di luar Bandung gue yakin masih ada yang bertanya-tanya dan nggak tau keripik apa ini.


Yak, Maicih adalah keripik singkong PEDES yang saat ini lagi digandrungi orang-orang, khususnya di Bandung dan Jakarta. Walaupun gue bukan orang Bandung tapi gue tau sedikitlah tentang keripik 'setan' ini, soalnya sering diomongin sama temen-temen gue di twitter. Gue juga sempet googling nyari info seputar keripik ini.

Sebenernya keberadaan keripik Maicih bukanlah tergolong baru. Resep keripik berbahan dasar singkong ini sudah ditemukan sejak 3 tahun lalu oleh seorang mahasiswa Universitas Kristen Maranatha jurusan Manajemen, Reza Nurhilman, yang saat ini menjabat sebagai Presiden Maicih. Reza Nurhilman atau yang akrab disapa Axl, mengaku menemukan resep Maicih bermula dari petemuannya dengan seorang nenek 3 tahun silam.




Keripik Maicih dijual dengan tingkat kepedesan yang beda-beda, mulai level 1 sampai 10. Tiap naik level tingkat kepedesannya juga makin meningkat. Tapi menurut Axl, produk keripiknya yang banyak laku adalah level 3 dan 5. Oleh karena itu saat ini di pasaran produk Maicih yang beredar cuma 2 level yang laris manis tersebut. Adapun produk level 3 ditandai dengan logo yang berwarna abu-abu. Sementara kripik level 5 ditandai dengan logo warna merah. Arti level 3 menandakan rasa pedas biasa, sementara yang level 5 menandakan rasa yang sangat pedas sekali. Wow.


Dari segi harga, Maicih sendiri dibandrol Rp15 ribu (level 5), sedangkan kalo level 10 harga per bungkusnya Rp18ribu. Mungkin besok-besok kalo logonya diganti pake foto gue harganya bakal naik lagi jadi Rp50 ribu. Ngahahaha #PLAKK! #digeplakmasAxl #ampunmas..

Gue sendiri cuma pernah nyoba keripik sama seblak yang level 5 doang, soalnya susah banget nyari Maicih di Surabaya. Gue harus mantengin TL @infomaicih dulu biar tau lokasi gentayangannya dimana. Gue waktu itu beli pas mereka lagi gentayangan di depan masjid Al-Akbar Surabaya. Pas udah dapet, gue makan tuh seblak sendirian di kamar. Gue makan satu demi satu.. lama-lama ternyata pedes jugak. Untung gue gak beli yang level 10 -_-"

 toilet mana toilet..

Buat yang gak tahan pedes mendingan jangan makan banyak-banyak deh. Sensitivitas lambung tiap orang kan beda-beda. Ada yang baru gigit sekali aja langsung mules gak ketulungan, tapi ada juga yang makan 3 bungkus gak kenapa-kenapa. Efek dari makan makanan pedes (ex : Maicih) yang paling akut mungkin cuma boker-boker aja, tapi kalo udah kronis bisa memicu peradangan dinding lambung atau gastritis. Nah lho, kalo udah kena gastritis gitu jangankan makan Maicih, dipake makan nasi aja sakitnya minta ampun.. Ehm.. Gue nggak nakut-nakutin nih.., itu cuma pengalaman pribadi gue..

Tapi jangan takut, gue juga ngasi tips buat mengatasi pedesnya keripik setan ini. Bagi yang bermasalah saat memakan Maicih, ini dia tips-tipsnya :
1. Saat memakan Maicih, emut-emut keripiknya. Zat pedas bisa dilarutkan pakai enzim;
2. Jangan terlalu sering minum air putih. Sebaiknya nunggu dulu setelah puas memakan Maicih; 
3. dan terakhir adalah alasan paling klasik : Jangan terlalu banyak, makan secukupnya saja. Bungkusnya gak perlu dihabisin juga -_-"

Nah, kalo kalian memperhatikan ketiga tips itu saat makan Maicih, peluang sakit perut bisa diminimalisir. Makan bareng pacar pun bakal ngerasa tenang dan gak perlu kuatir bolak balik ke toilet lagi. :)

Catchya!

4 comments:

Afaa Alghifaary said...

nice info.. visit me back yah :D

Anindya M. S. said...

makasi :)
i've visited your blog. cool ^^b

Mochamad Ali Mulyana said...

info yang menarik, terimakasih atas review positifnya,

Official website of Keripik Maicih
Ali

Unknown said...

mantab