Thursday, January 17, 2013

KKN Tematik Posdaya I di Surabaya

   Beberapa bulan yang lalu, almamater tercinta gue ngadain KKN yang beda dari KKN tahun-tahun sebelumnya. Kenapa beda? Karena eh karena narkoba itu haram KKN tahun ini Universitas Airlangga kerja sama dengan pemkot Surabaya. Intermezzo dikit nih ya, jadi dulu-dulunya KKN UNAIR itu selalu ditempatin di luar kota Surabaya, kayak Probolinggo, Sidoarjo, Bojonegoro, Madura. Nah berhubung adanya kerja sama ini, akhirnya KKN tahun ini gak perlu menerjunkan mahasiswa ke luar kota lagi. Jadi lokasi KKN tetep di Surabaya dan waktunya cuma hari sabtu-minggu doang. Tapiii karena dalam KKN ini mahasiswa disuruh mengemban tugas suci membentuk posdaya di tiap kecamatan, jadinya waktu sabtu-minggu doang gak cukup dong ya. Akhirnya beberapa kegiatan banyak yang disesel-seselin sama jam kuliah. Kuliah jadi agak keteteran. Tidur jadi tak nyenyak. Makan jadi tak nikmat. Oh inikah cinta? *self toyor*
 
    Gue sih sebenernya seneng juga sama KKN ini, soalnya gue gak pingin ikutan KKN reguler yang harus ke pelosok-pelosok gitu. *mhuahaha*. Lagian temen-temen sekelompok gue anaknya seru-seru, tiap kumpul selalu ada yang bikin ketawa dan bikin rame kelurahan. 

KKN Rangers
 
     Jadi, kita bersebelas dapet lokasi di kelurahan Jemur Wonosari kecamatan Wonocolo Surabaya. Lagi-lagi gue harus bersyukur karena gue dapet lokasi dueket banget dengan rumah tante. Ini yang namanya rejeki, datangnya gak disangka-sangka. Mihihi. 
     
      Selama 6 minggu kita udah ngerjain beberapa program menurut 4 pilar posdaya, yaitu program di bidang ekonomi, kesehatan, lingkungan, dan pendidikan. Secara tertulis sih karena gue anak FKM, gue lebih dispesifikin ke bagian kesehatan sama lingkungan. Tapi kenyataannya selama enam minggu itu gue ngurusin konsumsi terus. Huahaha. Ehm. Tapi sebenernya gue gak bener-bener magabut sih, soalnya gue juga ikut bantu-bantu yang lain. Gue pernah jadi sie dokumentasi dadakan, jadi penerima tamu, pendamping ibu-ibu yang lagi latihan terarium, sama jadi penjaga absen. *okexip*

      Untuk programnya, kita berhasil nyusun 8 program yang terbagi sebagai berikut. 
1. Sikat gigi bersama adik-adik PAUD
 
2. Parenting class


3. Sosialisasi UU Perlindungan Anak se-kecamatan Wonocolo

  
4. Pertemuan dengan kader kesehatan 



5. Pelatihan membuat terarium 

6. Seminar kewirausahaan
  
7. Sosialisasi dan pembentukan bank sampah

      Program yang terakhir adalah pemberian imunisasi SUB PIN Difteri tapi sayang gak ada gambarnya (--)a. Gue harap program-program ini bisa terus berjalan dan gak putus sampai di sini aja. Selain itu gue juga berharap semoga warga dan mahasiswa bisa mengambil manfaat dari adanya KKN ini. Karena dulu sebelum ikutan KKN, gue gak ngerti gimana caranya mengaplikasikan ilmu di masyarakat. Tapi setelah ikut KKN gue jadi sedikit ngerti dan dapet banyak pengalaman. Terima kasih KKN! \o/

Kangen rumpik bareng mereka lagi :))

No comments: