Saturday, April 6, 2013

Resep: Veggie Sushi

Have you ever felt so hungry in the night even after you've had your dinner? I have. My belly often feels ravenous though I just ate a full meal. Kalo lagi di rumah gitu gak masalah mau laper jam berapa aja karena selalu ada makanan. Tapi kalo lagi di kos, kelaperan tengah malem ini bener-bener menyiksa, apalagi di saat isi dompet jauh lebih menyedihkan dari pada nonton One Liter of Tears a.k.a lagi bokek. Udah laper, gak ada makanan, gak ada duit buat beli pula. Komplit.

Kelaperan tengah malem juga sebuah dilema terutama bagi yang berat badannya gampang naik. Mau makan tapi takut tambah gendut, tapi kalo gak makan entar gak bisa tidur. Huvt ban666ed kan jadinya. Tapi kalian gak usah takut, kebiasaan ini bisa diatasi kok. Cara termudah (menurut gue) adalah dengan memperbanyak makanan berserat. Makanan berserat seperti sayuran dan buah membuat perut kita cepet kenyang dan gak mudah laper. 
 
Nah, salah satu makanan kaya serat yang bisa bikin perut kita "diem" lebih lama adalah veggie sushi. Liburan kemarin gue sering bikin sushi jenis ini di rumah. Gue memanfaatkan semua sayur yang ada di kulkas, dan hasilnya not bad meskipun gak seenak sushi-sushi yang ada di mal-mal. :p
 
Yang penasaran gimana cara bikinnya bisa ngintip-ngintip resep di bawah ini. (Btw resep ala gue ini udah teruji "keamanannya" lho. Orang rumah yang nyobain termasuk mbak asisten ibu gak mengeluh sakit perut setelah makan ini. Yey. XD)
 
Veggie Sushi
 
 
 
Bahan:
1 lembar mpok nori 
Beras
Mentimun
Baby corn
Alpukat
Terong
Telur
Tempura
Saos

Cara membuat:
  1. Masak beras hingga matang. Sambil menunggu nasinya siap, potong mentimun, alpukat dan terong dengan irisan memanjang.
  2. Siapkan makisu atau sushi mat atau alat apapun yang bisa dipake gulung sushi.
  3. Letakkan nori di atasnya. Tambahkan nasi, lalu ratakan.
  4. Tambahkan saos secukupnya di atas nasi.
  5. Tata mentimun, alpukat, terong dan baby corn di atasnya. Tambahkan tempura dan telur yang telah diiris memanjang.
  6. Gulung sushi dengan rapi.
  7. Tadaaa. Sushi siap dipotong dan disajikan. :9
Tips:
  1. Gak ada beras jepang bukan masalah. Sushi yang gue buat pake beras lokal yang dicampur ketan. Kalian juga bisa lakukan ini dengan perbandingan 1 kg beras : 100 gram ketan.  
  2. Kalian bisa nambahin sedikit garam atau cuka pada nasi untuk membuat rasanya lebih "jepang".
  3. Nori itu sifatnya kayak plastik, gampang lecek kalo kena panas. Jadi, nasi yang masih panas jangan langsung diletakin ke atas nori. Tunggu sampai panasnya sedikit menghilang biar nori gak lecek. Kalo kalian gak nunggu nasinya dingin ntar sushinya bakal jadi kayak di atas. Bundernya gak rata hiks. :'(
  4. Jangan lupa masaknya pake hati biar rasanya lebih enak uwuwuwu.. ( ◦˘ะท˘)~

Bikin sushi di atas gampang banget kaaan, bahannya juga kondisional. Kalian bisa ganti isinya dengan sayuran lain sesuai selera. Kalo mau nambahin keju, crab stick, atau daging juga gak papa, tapi kalo mau dimakan malem-malem inget kalorinya ya :p. Bahahak. *ketawa setan*

Selamat mencoba ya. Sampai jumpa di resep selanjutnya! :D

No comments: