Monday, September 24, 2012

Dear Me, What Happen?

Ada yang salah dengan gue.

Beberapa tahun belakangan ini gue ngerasa kalo ada yang berubah dari diri gue. Sekarang gue jadi suka lupa dan gak fokus. Pernah suatu hari gue lagi ngerjain soal ujian. Malem sebelum ujian (dan malem-malem sebelumnya) gue baca semua materi. Gua hapalin, gue pahami maksudnya sampai ngerti. Tapi gak tau kenapa, pas ujian dapet 15 menit pikiran gue tiba-tiba kosong saat baca soal. Apa yang udah gue pelajari gak bisa gue recall lagi. Hampir 20 dari 60 menit waktu ujian gue pake buat bengong doang. Sampai sini masih belum aneh, karena mungkin hampir semua orang pernah ngalamin hal kayak gue saat ujian alias bengong ngeliatin soal. Nah yang bikin aneh adalah setelah pikiran gue kosong itu gue gak ngerasa apa-apa. Gue gak ngerasa cemas karena sepertiga dari waktu gue habisin buat diem dan gak ngelakuin apapun. Gue juga gak ngerasa harus buru-buru ngisi jawaban yang kosong dengan waktu yang tersisa.


This is wrong. Gue dulu gak seperti ini.

Gue juga sering bolak-balik meriksa pintu cuma buat mastiin udah dikunci dengan bener atau gak. Atau bolak balik meriksa kamar mandi sekedar ngecek kerannya udah mati apa belum. Dulu gue pikir hal ini wajar dilakukan, toh mungkin gak cuma gue aja yang kayak gini. Dan lagi, apa salahnya memeriksa pintu atau keran? Nggak ada yang salah. That’s normal. Yang bikin gak normal itu kalo kalian ngelakuin hal ini berulang-ulang sampai kalian kadang sulit tidur. 

Dulu gue pernah cerita soal ini ke ibu, tapi beliau bilang gak ada yang salah dengan itu. Katanya gue emang pelupa. Tapi setelah kejadian ini gue alami berulang-ulang dan sampai bikin orang lain susah, ibu mulai kuatir. Beliau ngerasa kalo gue mulai apatis, dan nyuruh gue konsultasi ke psikolog secepatnya. Tapi gue gak mau. I should know myself first, dan kalo gue udah gak tahan sama ketidaknyamanan ini baru gue pergi ke psikolog.

Am I really aphatetic? Does anyone ever feel the same?

No comments: