Tuesday, October 28, 2014

Pengalaman Odontektomi (Operasi Gigi Geraham Bungsu)

Yeah, yeah, I know. Ini postingan pertama gue setelah beberapa bulan vakum dari dunia blogging *tsah*. Padahal gue punya banyak waktu luang sambil nungguin wisuda November besok, tapi kenapa bisa lupa gak ngurusin blog ya? (haha alesan doang, padahal sebenernya males *dikepruk*)

Anyway, selama beberapa bulan kemarin banyak peristiwa yang terjadi, mulai dari gue sidang skripsi, bikin jurnal yang rempongnya naudzubillah, coblosan, BBM naik, hamster gue mati, tetangga gue naik haji, sampai sakit gigi. Yak, sakit gigi. Gara-gara ini nih akhirnya gue ngerasain yang namanya operasi.

Ceritanya beberapa bulan yang lalu gigi geraham kiri-bawah gue tiba-tiba sakit. Dipake makan panas nyut-nyutan, dipake makan dingin ngilu. Setelah gue cek di kaca, ternyata eh ternyata gigi geraham gue bolong masaaa *insert emot kaget alay di sini*. Karena gue tahan-tahan udah gak kuat, akhirnya gue minum analgesik sesuai titah kanjeng mami. Tapi efek analgesiknya cuma sehari-dua hari doang karena lusa sakitnya kambuh lagi. Ampun dijeeee. Gak mungkin gue ngandelin analgesik terus kan. Akhirnya gue menyerah dan memutuskan pergi ke dokter gigi deket rumah. Sesampainya di sana, gue ceritain semua kesakitan dan kegalauan yang gue rasain selama ini.
Dokter Benny : "Yang sakit gigi sebelah mana dek?" 
Gue : "Uhm.. Yang ini, dok" *nunjuk gigi* 
Dokter Benny : "Waduh ini bolongnya dalem banget dek, di gigi paling belakang lagi. Agak sulit ini nambalnya. Kalo dicabut aja gimana?"
Gue : (۳˚Д˚)۳ (۳˚Д˚)۳ (۳˚Д˚)۳
Gue nelen ludah. Gue mulai panik karena gue takut banget sama cabut gigi. Gue kirim kode dan sinyal ke Dokter Benny supaya gue dikasi waktu buat mikir lagi dan gak cabut malem itu. Untungnya Dokter Benny sepertinya bisa menangkap kode gue, jadinya dia cuma ngasi semacam sumpel (?) buat tambalan sementara di gigi yang bolong *yes*. Dia juga bilang kalo gue harus kontrol lagi tiap minggu selama sebulan *tidaak*. Tapi berhubung gue orangnya nurut jadi gue iyain aja.

Tapi gue boongin Dokter Benny, minggu berikutnya gue gak kontrol karena gue harus ke Surabaya. Selama di Surabaya, gigi gue mulai nyut-nyutan lagi karena tambalan sementaranya udah ilang sebagian. Akhirnya gue memutuskan untuk pergi ke RSGM UNAIR buat mengakhiri penderitaan ini. Di sana gue dibikin shock karena dokternya bilang kalo gigi gue harus dioperasi karena gak bisa dicabut biasa. Dia menjelaskan kalo geraham bungsu gue tumbuhnya gak sempurna (sebagian tumbuh dan sebagian tenggelam dalam lautan luka dalam gusi), jadi butuh pembedahan biar giginya yang tenggelam bisa dicabut. Lebih lanjut, dia menjelaskan kalo gigi ini tetep dipertahankan *udah kayak hubungan aja* *plak* dampaknya bisa fatal, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Allohu Akbar. O.. Operasi..? Kematian? *insert 100 emot shock di sini* 

Gue sebenernya bisa aja alay dengan tanya berapa persen kemungkinan berhasilnya, tapi karena takut ditindih pake dental chair akhirnya gue diem. Dokternya bilang kalo operasi geraham bungsu atau odontektomi ini normal dilakukan karena meskipun gak ada gigi ini fungsi mulut kita juga gak akan keganggu. Setelah mikir lama gue pun setuju buat odontek. Gue dijadwalin operasi satu minggu kemudian. Sebelum itu, gue diminta foto rontgen dulu buat ngeliat kondisi giginya. Biayanya cuma 10 ribu lhoo, mureee~


Foto dulu mumpung gak ada yang liat

Hari operasi pun tiba, yaitu Senin pagi (13/08/2014) jam 07.00 WIB. Gue dateng ke UPF Bedah Mulut nungguin antrian. Setelah nunggu 10 menitan nama gue dipanggil dan gue pun diperiksa sama mahasiswa ko-ass (?) yang ternyata seangkatan sama gue. Gue ditensi, dipalpasi, dijelasin PSP (Penjelasan Sebelum Persetujuan), tanda tangan informed consent, dan diajakin ngobrol sambil nunggu dokter operatornya datang. Deg-degan? Sedikit, karena sebelum operasi gue sempet baca beberapa pengalaman odontek di blog dan mereka bilang engga sakit. Akhirnya setelah beberapa menit sang dokter pun datang dengan senyum ramah banget khas dokter gigi. Setelah perkenalan gue tau bahwa nama beliau adalah Dokter Fauzi, entah masih residen atau sudah Sp.BM gue lupa. Setelah basa basi dan diagnosis sebentar gue diajak ke ruang operasi sama beliau. Ternyata di sana udah ada 2 mahasiswa ko-ass dan beberapa dokter yang pake baju ijo dan penutup rambut khas operasi. Gue duduk di dental chair sambil terus diajakin ngobrol biar gue tenang. Gue sih tenang ya, tapi begitu liat gunting, pinset, dan alat-alat lain bikin gue deg-degan. 
Gue : "Dok, dari skala 1-10 sakitnya kira-kira di rentang berapa ya?" 
Dokter Fauzi : "Hmm, mungkin sekitar 7. Tapi tergantung orangnya juga, beda-beda soalnya." 
Gue : "....."
Mahasiswa ko-ass 1 : "Gak sakit kok mbak, paling kayak digigit semut. Tapi semutnya satu truk. Ehehe." (enggak kok 2 kalimat terakhir bercanda doang)
Dokter Fauzi : "Oke, saya mulai yaa
Operasi pun dimulai. Yak, gue siap untuk "digigit semut". Muka gue ditutupin pake kain biar gue gak ngeri ngeliat operasinya. Gusi gue dibius lokal dengan 3 suntikan (kalo gak salah inget), dan rasanya nyeri bok, tapi masih bisa ditahan sih. Nyerinya sekitar 5 detik doang, setelah itu gue ngerasa bibir gue jadi dower bin memble gitu. Pipi rasanya juga kebas dan tebel. Setelah itu gue gak ngerasa apa-apa. Di sela-sela kain gue bisa liat kalo Dokter Fauzi mulai ngambil pisau operasi dan gue ngerasa "nyess" gitu di gusi. Rasanya ada somewhat anyir yang merembes ke lidah gue. Oh men gusi gue pasti udah dibedah dan itu pasti darah. Btw bius lokal itu cuma ngilangin sakit aja, indera pengecap kita masih tetap berfungsi jadi gue bisa ngebedain mana darah mana saliva.

Satu per satu gue ngerasa kalo gunting, pisau, tang, dan alat-alat lain masuk ke mulut gue. Awalnya gue gak ngerasain apa-apa, tapi begitu gigi gue dicabut pake tang (atau apalah namanya) gue ngerasa nyeri banget. Gue sampai angkat tangan karena sakitnya masih kerasa meskipun udah dibius. Tapi overall prosesnya emang "sakit", boong kalo di blog-blog banyak yang bilang gak terasa sakit sama sekali. Sakit sih ada, tapi masih bisa ditahan. Dari skala 1-10 sakit yang gue rasain 6 lah, tapi khusus pas gigi dicabut sakitnya 8. Ngilu banget broo. Dan lagi, gigi gue gak bisa dicabut dengan sekali tarikan, jadi giginya harus dibelah dua dulu baru dicabut satu-satu. But ladies and gentlemen, gigi gue sempet nakal waktu dicabut. Ada potongan kecil yang ketinggalan di gusi (gue juga gak tau kenapa bisa kepotong gitu), dan untuk ngeluarin potongan gigi itu lumayan lama karena letaknya nyempil dan gue udah capek mangap. Dokter Fauzi sampai bilang "mbak tolong mangapnya yang lebar ya.. ini jari saya jangan digigit.. T_T". Huahaha.. maap dok, gak sadar.

Sekitar 85 menit kemudian gigi berhasil dicabut dan tinggal proses penjahitan aja. Gue bisa ngerasain benang jaitnya keluar-masuk gusi gue dan sesekali ada rasa anyir. 10 menit kemudian odontek pun selesai dengan 5 jahitan di gusi dan gue disuruh gigit tampon kasa. Dokter Fauzi kemudian memperlihatkan geraham gue yang baru dicabut. Iww, banyak darahnya bok. Keluar ruang operasi gue ngerasa lebih enteng (haha padahal cuma kehilangan 1 gigi doang). Pipi gue juga bengkak, kebas, dan bibir masih memble karena efek biusnya masih ada. Mulut rasanya capek banget gara-gara dipake mangap hampir 90 menit, belum lagi punggung yang ikutan pegel akibat posisi tidur gak pewe. Fiuh gak papa lah yang penting penderitaan ini selesai..

Yang item-item itu jahitannya (foto H+3 operasi)

Nope. Penderitaan belum selesai. Dokter Fauzi bilang kalo gue harus gigit tampon itu selama sejam untuk menghentikan bleeding. Gak boleh ngeludah, kumur, makan panas, dan ngurek-ngurek gigi pake lidah biar jahitannya gak lepas. Gue harus kompres pipi yang bengkak pake air dingin selama 24 jam pertama, dan kompres pake air hangat di 24 jam ke dua. Dia juga bilang kalo besok gue harus kontrol lagi untuk ngeliat bleedingnya udah berhenti apa belom, dan seminggu lagi gue harus balik untuk ngambil jahitan. Oh my.. sementara jadi anak gaul RSGM dulu deh.

Biaya odontek di RSGM UNAIR cuma 400 ribu btw, lebih murah dibanding di rumah sakit lain. Untuk biaya obat gue cuma habis 17 ribu (antibiotik sama analgesik 2 macem--lupa namanya) dan biaya kontrolnya 10 ribu/kontrol (3-4 kali kontrol). Jadi kalo ditotal gue habis sekitar 500an buat odontektomi 1 gigi. It was my very first surgery and I wish it won't happen again..

Yang punya masalah gigi sama dengan gue dan disarankan untuk odontektomi mending dijalanin aja dari pada sakit terus. Operasinya emang sedikit sakit (boong kalo gak sakit sama sekali), tapi gak serem kok. Suer. Tetep tenang dan jangan panik biar operasinya lancar dan kamu cepet sembuh. Proses recoverynya beda-beda tergantung ketahanan tubuh tiap orang, beberapa juga ada yang mengalami efek samping kayak sariawan atau pusing. Kalo pengalaman gue sih kayak gini:

  • H+1 : belum bisa dipake makan, pipi bengkak, bleeding (-), kumur (-), nyeri (+)
  • H+2 : bisa dipake makan dingin+panas, pipi bengkak, kumur (-), nyeri (-)
  • H+3 : bisa dipake makan apapun, gigit apapun, kumur (-)
  • H+4 : kumur (+), gosok gigi pelan (+)
  • H+5 : gosok gigi biasa (+)
  • H+6 : udah normal kayak biasa \(‾▿‾\) (/‾▿‾)/
Yap, isemoga pengalaman gue bisa dijadikan referensi buat yang mau odontektomi juga. Ciaobellaaa~  

5 comments:

Unknown said...

Kira kira skrng biaya nya brp ya?

Unknown said...

aku hmpir 2 minggu ini habis operasi gigi impaksi ,tapi bibir kanan bawah sampe dagu masih aja kebas, n jahitannya blm lepas sendiri..

dulu jahitanny d ambil dokter apa lepas sendiri kak?

Anindya M. S. said...

@unknown: hai, maaf saya kurang tau kalo sekarang berapa

@Aviana: dulu saya dilepasin dokternya kak :D

Mari Berbagi said...

operasi gigi sebelumnya sy di drg praktek, sama sekali gk ada sakit, dan boleh makan setelah 3 jam di operasi. tp mehong 1 gigi 2jt. ini mau coba di rsgm, tp kok katanya sakit ya, jd agak horor

Unknown said...

Takut mba denger ceritanya😭😭
Pdahal aku ngalamin yg sama , disuruh dicabut , tapi ku nakal pindah pindah Rs cuma pgn ditambal aja