Sunday, February 20, 2011

Sejarah Nama ''Yahoo"

Hi blogger, how's your day? Hope it's great :D

Seperti judul postingan kali ini, gw mo ngebahas Yahoo dan asal usulnya. Pasti bagi kalian yang sering berkutat dengan internet familiar banget dengan istilah yang satu ini. Hmm.. tapi tau kepanjangannya gak? Jangan-jangan cuma sering make tapi gak tau kepanjangannya lagi. Hehe.

Oke, bagi yang belum tau, gak ada salahnya kan kalo gw mengulas. Yet Another Hierarchical Officious Oracle atau yang biasa kita sebut Yahoo memiliki arti sebagai “Sebuah tempat bertanya yang paling tahu segalanya yang disusun secara bertingkat dan sistematis.” Satu hal yang bikin gw interest : banyak pemerhati simbol dan pakar sejarah peradaban kuno menganggap kata ini berasal dari akar tradisi bangsa Yahudi. YAHOO! Sesungguhnya berasal dari istilah ‘YHMH’ (Yahweh) dalam bahasa Ibrani yang berarti Tuhan. Jedyer!




Secara kebahasaan, kata Yah atau Yahoo memang sulit dimengerti. Dari mana asal kata Yah, banyak orang yang tidak tahu. Dari kata Yah kemudian menjadi kata Yahoo. Menurut Abbas Mahmud Al-Aqqad, kata tersebut dimungkinkan merupakan nama suatu benda di alam ini. Atau, bisa jadi, menurut Al-Aqqad, kata Yah berasal dari kata Yahu. Istilah Yahu merupakan sebutan untuk memanggil seseorang yang jauh tak terlihat. Jika dikaitkan dengan ajaran Judaisme, hal ini sesuai dengan ajaran Nabi Musa. Kepada Bani Israel, Nabi Musa selalu mengingatkan agar mengingat Tuhan sebagai tanda bakti kepada-Nya. Caranya cukup hanya dengan isyarat saja. Yaitu isyarat menyebut seseorang yang berada di kejauhan yang tidak terlihat. Kata Yahu adalah isyaratnya. Dahulu, bahasa Ibrani belum mengenal huruf vokal (“e”) hingga tahun 500 M. Setelah mengenal huruf vokal tersebut, kata Yahu berubah menjadi Jehovah. Secara harfiah, kata Yahoo atau Jehovah berarti “Raja” atau “Tuhan” (Ahmad Syalabi, 2006).


Ternyata benar klaim bangsa Yahudi-Zionis. Mereka mengklaim telah menguasai dunia lewat jaringan informasi, terutama internet. Buktinya, salah satu nama program pada jaringan internet menggunakan nama tuhan “Jehovah” dalam sejarah mereka.

Nah, sekarang kita tambah sadar, bahwa selama ini kita sangat dekat dengan paham Yahudisasi, bahkan kita bergantung banget sama mereka. Kenapa? Karena ia menempel pada nama-nama untuk beberapa produk teknologi canggih. Kalo internet aja udah dikuasai sama bangsa Yahudi, terus, kita mesti ambil tindakan apa? Memang sulit menyikapinya. Kalo setelah baca postingan ini lo bakal gak mau pake Yahoo! lagi, gw bakal ngatain lo bego. Gw ngatain bego bukan tanpa alasan. Bagaimana pun kita butuh yang namanya informasi, dan kita juga butuh Yahoo!..

Okelah, gak usah diperdebatkan lagi. Intinya, kita boleh waspada, kita juga boleh bersikap anti-Yahudi. Tapi, kalo mo memboikot produk-produk bangsa Yahudi gw rasa itu tindakan ceroboh. Yang jelas, selama itu memberikan manfaat buat kita, why not? Tapi kalo malah banyak mudharatnya, bahkan sampai ngerusak akidah, mending go to hell aja. Inget prinsip Kaizen : ambil yang baik, buang yang buruk, ciptakan yang baru.. Hahaha.. ESQ mode on deh :p

Oke oke, happy Monday ya :D
Keep smiling and always cherio !



No comments: